Listrik Aceh Padam Akibat Gangguan Transmisi di Sumut

loading...
loading...
Terputusnya suplai listrik pada kemarin, sekitar pukul 14.08 WIB, di hampir seluruh daerah di Aceh terjadi akibat gangguan transmisi 150 KV di gardu induk Binjai dan Pangkalan Brandan, Sumatera Utara.
Listrik Aceh Padam Akibat Gangguan Transmisi di Sumut
“Gangguan transmisi itu menyebabkan sub sistem Sumatera Utara terpisah dengan Aceh sehingga terputus PLTMG Arun dan PLTU Nagan Raya,” kata pelaksana harian Deputi Manager Humas PLN Aceh, Jufrizal, Kamis (6/4).

Akibat gangguan operasional di PLTMG Arun dan PLTU Nagan Raya itu, kata Jufrizal, sebagian besar daerah di Aceh mengalami pemadaman, seperti Banda Aceh, Aceh Besar, Sigli, Pidie Jaya, Meulaboh, Aceh Jaya, Bireun, Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Timur, Langsa dan Aceh Tamiang.

PLN, kata Jufrizal, berupaya secepat mungkin menormalkan suplai listrik ke pelanggan. Atas gangguan ini tanpa disengaja ini, kata Jufrizal, PLN Aceh memohon maaf.

Sebelumnya, Kepala Ombudsman Aceh Taqwaddin Husin mengatakan tolok ukur utama bagus pelayanan publik di suatu daerah sangat tergantung pada suplai listrik. "Jika listriknya mati, maka semua urusan menjadi kacau balau," kata Taqwadin.

Taqwaddin mencontohkan, akibat pemadaman listrik, pelayanan medis di rumah sakit dapat terganggu, pasien kegerahan, atau operasi tidak bisa dilakukan.

Begitu pula dengan pelayanan pendidikan. Gara-gara listrik padam, terpaksa kuliah ditiadakan karena untuk saat ini hampir semua ruang kelas di kampus pakai AC. Apalagi, tambahnya, dosen saat ini mengajar menggunakan laptop dan LCD. Begitu juga ujian nasional berbasis Komputer jadi berantakan.

"Jadi semua sektor pelayanan publik jadi terganggu akibat permasalahan listrik," ujarnya. "Saya tak habis pikir, sudah 72 tahun kita merdeka, listrik saja belum mampu diurus. Ini sangat mengecewakan.”
sumber: Ajjn.net
loading...

Artikel Portal Fia Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2016 Portal Fia | Powered by Blogger